Cara Memperbaiki Hardisk - Memperbaiki Hardisk Rusak

 
Memperbaiki Hardisk Rusak 

Anda punya Hardisk Rusak? jangan cepat di buang dulu siapa tahu masih bisa di gunakan dengan cara di perbaiki kan bisa irit nah jika punya hardisk rusak boleh di lanjutin artikel ini. Oke silahkan anda simak saja  Cara Memperbaiki Hardisk .

Hardisk rusak Jangan khawatir dan jangan bimbang dulu ada solusi di balik masalah, sayangkan harus ganti hardisk baru padahal hardisk anda banyak sekali data2 penting ok langsung saja.

Level 1 Memperbaiki Hardisk Rusak
Level1 ini bisanya disebabkan oleh Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara. Namun harus disesuaikan dengan merk harddisk dan banyaknya bad sector. Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C gunanya untuk mebersihkan cluster yg rusak. Jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk tersebut.


Jika masih tetep juga sobat bisa gunakan software HDDREG , silahkan nanya ke si mbah dan download programnya. Jika tetep bandel coba dengan cara Low Level Format atau Zero File.
Terakhir, jika masih membangkang sobat bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak.

Level 2
Kerusakan pada ini adalah kehilangan Partisi Harddisk dan Data . Ini bisa disebabkan oleh jailnya virus atau kesalahan menggunakan program utility. Yang perlu sobat perhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux. Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.

Level 3
Kerusakan yg menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari harddisk tersebut yg bermasalah. Untuk gejala ini biasaya banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya, sobat bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

Level 4
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit (menurut saya). Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi harddisk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.

Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk
Mengganti IC pada mainboard Harddisk
Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk
Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya.

Demikian  Cara Memperbaiki Hardisk Rusak , semoga bermanfaat
Ingin Berlangganan Artikel Dengan Blog Ini?
Masukkan Email Anda

Komentar
10 Komentar

10 komentar:

Cream Pemutih Wajah mengatakan...

postingan yang bagus tentang caramemperbaiki hardisk rusak

nap company mengatakan...

Punya ane "Maxtor" kedetect, tapi gak bisa di gunakan. coba cari software nya doo :-D

Obat terkena hiv aids mengatakan...

boleh juga untuk di pelajari, ....

Lukisan Murah mengatakan...

Siiiiiiiipp,,, Makasih Mas buat postingan artikelnya, tak coba pelajarin lagi, khwtir salah...mklum masih awam masalah gini ^_^

Salam Kenal yah.,,

Joko mengatakan...

Wah, pas nih masbro, kebetulan harddisk lagi rusak, mau ane coba dulu triknya, makasih atas sharing ilmunya

servisharddisk mengatakan...

tutorial yg bagus. silakan berkunjung
http://www.ertechcomputer.blogspot.com

Friza Mardiana mengatakan...

wah, tips seputar cara memperbaiki hardisk bad sector yang menarik gan. perlu dicoba nih, hardisk ku jadi bisa lagi deh. :D :*

Azis Sofyan mengatakan...

sangat bermanfaat sekali buat refernsi saya dalam Memperbaiki Hardisk Rusak

Andrian mengatakan...

kalau Hardisk Tidak Terdeteck cara memperbaikinya bagaimana ?

Ilham Hamir mengatakan...

Periksa semua kabel yang terhubung ke hardisk atau kabel dilepas lalu dipasang kembali, jika masih belum terdeteck ganti kabel power hardisk, jika masih belum juag, kemungkinan hardisknya bermasalah. bawa ke yang ahlinya untuk menghindari kerusakan lebih parah

Poskan Komentar

Mohon Maaf Komentar yang mengandung Link dalam isi komentar tidak bisa kami muat jadi mohon tidak menggunakan link artchor teks (spam) dalam Komentar anda karena tidak akan kami muat

Terima kasih atas perhatiannya